Simulasi Pengisian SPT dan Manajemen Perpajakan Pasca Implementasi Core Tax Sesuai PMK 81 Tahun 2024

  • KnDC Pratama Indomitra

Dengan berlakunya sistem adminstrasi inti perpajakan (Core Tax System) per 1 Januari 2025 sesuai PMK 81 tahun 2024, maka wajib pajak harus tahu tata cara pengisian dan implikasi dari sistem administrasi perpajakan baru yaitu core tax system terhadap kewajiban perpajakannya. Sehingga terhindar dari risiko kesalahan dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

Berdasarkan hal tersebut diatas, kami menawarkan pelatihan mengenai “Simulasi Pengisian SPT dan Manajemen Perpajakan Pasca Implementasi Core Tax Sesuai PMK 81 Tahun 2024”.


TUJUAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu untuk:

  1. Memperoleh pengetahuan mengenai sistem administrasi core tax dan pengaruhnya terhadap manajemen perpajakan.
  2. Mengetahui fitur-fitur Core Tax dan dampaknya terhadap manajemen perpajakan
  3. Mengetahui implikasi pemadanan NIK menjadi NPWP dan DUK (Data Unit Keluarga)
  4. Memperoleh pengetahuan tentang Manajemen Pajak pasca implementasi Core Tax;
  5. Mengetahui teknis pengisian SPT Pemotongan Pemungutan PPh pasal 21, 22, 23, dan 4 ayat 2 Model SPT Core Tax;
  6. Mengetahui teknis pelaporan PPN model core tax;
  7. Mengetahui teknis pengisian dan pelaporan SPT PPh orang pribadi dan badan
  8. Memahami manajemen risiko transfer pricing pasca implementasi Core Tax

METODE PELATIHAN

Training ini dihadirkan dengan kualitas materi dan presenti yang  unik dan modern  karena  muatan materinya  disesuaikan dengan kebutuhan peserta  dan dengan  learning system yang partisipatif menjamin anda belajar dengan asyik dan partisipatif. Sehingga  Anda  mendapat wawasan dan pengalaman yang jauh lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini juga didukung dengan adanya komunikasi  dengan pendekatan kasus, step by step approach, dan  interdisiplin secara sinerji.

Tentu saja studi kasus akan didiskusikan dalam diskusi grup dan diakhiri dengan pembahasan dan kesimulan  bermuatan relevansi dan aplikasi.


TARGET PESERTA

Pelatihan ini sangat dianjurkan diikuti oleh: Pelatihan ini dapat diikuti oleh tax and accounting manager, personel dari Departemen Logistik atau Procurement yang menangani pengadaan barang dan jasa dalam Perusahaan.


PROGRAM OUTLINE

  1. System Administrasi Perpajakan Core Taxe
    1. Pengenalan core tax system
    2. Tujuan dan manfaat core tax system
      • Pembahasan implikasi proses bisnis core tax system
      • Probis Registrasi
      • Probis Pembayaran
      • Probis SPT
      • Probis Layanan Perpajakan
      • Probis Taxpayer Account
      • Probis Penagihan Pajak
      • Probis Penegakan Hukum
    3. Simulasi dan Manajemen SPT PPh Pemotongan PPh pasal 21, 22, 23 dan 4 ayat 2
    4. Simulasi dan Manajemen pelaporan PPN
  2. Simulasi Pengisian SPT dan Manajemen Pajak Pasca Implementasi Core Tax
    1. Simulasi pengisian SPT PPh Badan
    2. Aspek Manajemen/Tax planning PPh badan
  3. Simulasi Pengisian SPT dan Manajemen Pajak Pasca Implementasi Core Tax
    1. Manajemen Kepatuhan Transfer Pricing
    2. Manajemen SP2DK dan Pemeriksaan Pajak Review SPT PPh Badan vs SPT Masa:
      • Equalisasi pendapatan vs DPP PPN (PK) – Equalisasi pembelian vs DPP PPN (PM);
      • Equalisasi biaya gaji vs Ph. Bruto SPT PPh Pasal 21/26;
      • Equalisasi biaya jasa vs Ph. Bruto SPT PPh Pasal 23/ Pasal 4(2);
      • Equalisasi biaya sewa vs Ph. Bruto SPT PPh Pasal 23/ Pasal 4(2).
  4. Simulasi Pengisian SPT dan Manajemen Pajak Pasca Implementasi Core Tax
    1. Implikasi pemadanan NIK menjadi NPWP dan DUK
    2. Simulasi pengisian SPT PPh orang pribadi
    3. Aspek Manajemen/Tax Planing PPh Orang Pribadi
  5. Dokumentasi Transfer Pricing (TP Doc) sesuai aturan baru (PMK 172/ 2023)
    1. Jenis hubungan istimewa;
    2. WP yang wajib membuat TP doc;
    3. WP yang tidak wajib membuat TP doc;
    4. Sanksi dan konsekwensi bila tidak membuat TP Doc;
    5. Alur waktu pembuatan TP Doc;
    6. Ex ante vs ex post
    7. Kriteria TP Doc yang ditolak.
  6. Analisis pendahuluan untuk transaksi tertentu
    1. Jenis transaksi yang dikenakan analisis pendahuluan;
    2. Proses analisis prendahuluan;
    3. Contoh analisis pendahuluan

INVESTASI

  1. Harga Off line Rp 2.500.000,-
  2. Harga On line Rp 2.000.000,-
  3. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta
  4. Discount 10% bagi perusahaan yang mengirimkan 3 orang peserta
  5. Sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch (bagi yang ikut kelas offline), soft copy makalah, serta sertifikat.
  6. Biaya di atas belum termasuk PPN, sudah termasuk PPh 23 (Mohon dapat melampirkan NPWP atau KTP)
  7. Biaya Pelatihan termasuk Obyek PPh 23 sesuai PMK 141/2015 (Mohon dipotong PPh 2% bagi WP Badan)
  8. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

KETENTUAN PENGUNDURAN DIRI

  1. Apabila pengunduran diri disampaikan kurang dari atau sama dengan 3 hari sebelum pelatihan, maka dikenakan biaya administrasi sebesar 50% dari biaya pelatihan.
  2. Apabila pengunduran diri disampaikan setelah program dimulai, maka tidak ada pengembalian atas biaya pelatihan yang sudah di bayarkan tetapi dapat mengajukan penundaan keikutsertaan pelatihan dengan topik yang sama atau topik pelatihan lain dengan nominal investasi pelatihan yang sama.
  3. Peserta mengisi formulir permohonan pengembalian biaya pelatihan, pengembalian dilakukan melalui transfer dengan biaya pengiriman ditanggung pemohon

Venue Info

MyPratama, PT Pratama Indomitra Konsultan, Antam Office Park Tower B Lantai 8. Jl. TB Simatupang No 1 Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550, Indonesia

View on Map
  • Registration Deadline : 8 January 2025 11:55 pm

Registration Deadline Expired!!