Pemahaman Prosedur Ekspor Impor Terpadu

Pemahaman Prosedur Ekspor Impor Terpadu

Dalam era perdagangan global sekarang ini arus barang masuk dan keluar sangatlah cepat. Untuk memperlancar urusan bisnisnya, para pengusaha dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai prosedur ekspor dan impor, baik dari segi peraturan yang selalu diperbarui terutama yang berhubungnan dengan perdagangan internasional, kepabeanan, shipping maupun perbankan, yang semuanya ini saling berkaitan dan sering terjadi permasalahan dilapangan. Salah satu kunci atau cara untuk bisa me-manage permasalahan diatas adalah dengan mengikuti program yang kami beri tema ”Pemahaman Prosedur Ekspor-Impor Terpadu”.

Pelatihan khusus ini didisain dan dikembangkan bagi para eksekutif ekspor impor untuk memberikan keterampilan pemahaman yang mendalam mengenai prosedur ekspor impor secara terpadu baik dari sisi perdagangan, kepabeanan, shipping dan perbankan disertai dengan latihan yang semuanya berdasarkan peraturan-peraturan up-to-date. Di akhir pelatihan, peserta akan semakin merasakan manfaatnya mengikuti pelatihan ini, karena peserta akan diberikan latihan-latihan seputar transaksi ekspor impor dengan benar serta permasalahan yang selama ini sering dialami dilapangan.


SIAPA YANG HARUS HADIR

Pelatihan Pemahaman Prosedur Ekspor Impor Terpadu ini sangat dianjurkan untuk diikuti oleh para eksekutif, supervisor, senior staf di bidang ekspor impor dari perusahaan-perusahaan yang melakukan ekspor dan/atau impor, perusahaan pelayaran, pengusaha jasa titipan (ekspedisi), bank, lembaga pembiayaan ekspor impor, Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK), Perusahaan di Kawasan Berikat (PDKB) dan Pengelola Kawasan Berikat (PKB), serta konsultan bisnis.


PROGRAM OUTLINE

  1. Perdagangan Internasional
    • Pengertian Perdagangan Internasional
    • Pengertian Ekspor – Impor
    • Persyaratan menjadi Eksportir & Importir
    • Pengelompokkan Barang Ekspor & Impor
    • Resiko – Resiko dalam Perdagangan Internasional
  2. Jenis Pembayaran Ekspor – Impor
    • Advance Payment
    • Open Account
    • Consignment
    • Collection
  3. Letter of Credit (L/C)
    • Definisi & Fungsi L/C
    • Jenis-jenis L/C
    • Tehnik mendeteksi keaslian L/C
    • Pihak yang terlibat dalam L/C
    • Penerbitan & Perubahan L/C
  4. Dokumen Ekspor – Impor
    • Dokumen Finansial (Financial Documents)
    • Shipping Documents
      1. Commercial Invoice
      2. Packing / Weight List
      3. Marine Insurance
      4. Certificate of Origin (SKA)
      5. Transport Documents (B/L, AWB)
        • Fungsi B/L, AWB
        • Hal – hal yang perlu diperhatikan di dalam B/L
  5. Strategi Mengurangi Resiko Penggunaan L/C
    • Pemeriksaan Dokumen Ekspor
    • Penanganan Discrepancies
    • Alternatif Penyelesaian
    • Negosiasi / Pengambilalihan dokumen
  6. Trade Finance Product / Banking Facility
    • Commercial Credit Line: Sight, Usance, UPAS (Usance Payable At Sight),
    • Post Import Loan / Trust Receipt
    • Pre Shipment Finacing
    • Post Shipment Financing
      1. Credit Bill Negotiation – Clean
      2. Credit Bill Negotiation – Discrepancy
    • Warehouse Financing
  7. Gambaran Umum Kepabeanan
    • Daerah Pabean
    • Kawasan Pabean
    • Kewenangan Pabean
  8. Kepabeanan di Bidang Impor
    • Kedatangan Saran Pengangkut
    • Pembongkaran & Penimbunan di:
      1. Kawasan Pabean / TPS
      2. Tempat lain
    • Jenis-jenis Pemberitahuan Impor
    • Mengenal PIB
    • Cara Pengisian PIB
    • Latihan mengisi PIB
    • Pungutan Negara dalam Rangka Impor
      1. Nilai Dasar Perhitungan Bea Masuk (NDPBM)
      2. Surat Setoran Pabean Cukai & Pajak (SSPCP)
      3. Cara perhitungan: Bea Masuk, Sukai, PPN & PPnBM, PPh Ps 22
  9. Pengeluaran Barang Impor
    • Prosedur Manual
    • Prosedur Disket
    • Prosedur EDI
  10. Penetapan Jalur & Pemeriksaan Pabean:
    • Jalur Merah
    • Jalur Hijau
    • Jalur Prioritas
    • Pemeriksaan Pabean: Pemeriksaan Dokumen & Fisik
  11. Tata Kerja Penyelesaian Barang Impor dengan sistem
    • EDI – Jalur Merah
    • EDI – Jalur Hjau
    • EDI – Jalur Prioritas
  12. Kepabeanan di Biadang Ekspor
    • Mengenal beberapa komoditi ekspor
    • Kewenangan eksportir
    • Cara menghitung dan pelunasan Pajak ekspor
    • Prosedur Ekspor
    • Pemeriksaan Pabean
    • Penyelesaian PEB
  13. Fasilitas Kepabeanan (Custom Facility)
    • Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE)
    • Kawasan Berikat
    • Gudang Berikat
    • Jalur Prioritas

INVESTASI

  1. Offline: Rp 2.500.000,-/Orang: Pembayaran paling lambat H+7)
  2. Online: Rp 2.000.000,-/Orang: Pembayaran paling lambat H+7)
  3. Biaya di atas belum termasuk PPN, Sudah termasuk PPh 23 (Mohon dapat melampirkan NPWP atau KTP)
  4. Sudah termasuk dua kali Coffee Break dan satu kali makan siang (Kelas Offline)
  5. Biaya investasi tersebut untuk 2 (dua) hari pelatihan berlaku untuk 1 (satu) peserta
  6. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan

Ketentuan Pengunduran Diri

  1. Apabila pengunduran diri disampaikan kurang dari atau sama dengan 3 hari sebelum pelatihan, maka dikenakan biaya administrasi sebesar 50% dari biaya pelatihan.
  2. Apabila pengunduran diri disampaikan setelah program dimulai, maka tidak ada pengembalian atas biaya pelatihan yang sudah di bayarkan tetapi dapat mengajukan penundaan keikutsertaan pelatihan dengan topik yang sama atau topik pelatihan lain dengan nominal investasi pelatihan yang sama.
  3. Peserta mengisi formulir permohonan pengembalian biaya pelatihan, pengembalian dilakukan melalui transfer dengan biaya pengiriman ditanggung pemohon.

Instruktur

Sutomo Asngadi, SS., MM


Contact Person Jakarta: Saifudin / Zaki

Mobile: 0857.7797.3481 | 0812.2379.5867
Phone: (021) 2963.4945; (021) 2963.4947; (021) 5010.0469
E-mail: info@pratamaindomitra.co.id | lokakarya@pratamaindomitra.co.id

  • Reg. Deadline : 12 July 2024 12:00 am
  • Venue : Array

Registration Deadline Expired!!