Export and Import Management: Customs, Shipping, and Port Operations

  • 16 May 2024 - 17 May 2024
  • KnDC Pratama Indomitra
day
:
hr
:
min
:
sec
Export and Import Management: Customs, Shipping, and Port Operations

Dalam era perdagangan global sekarang ini arus barang masuk dan keluar sangatlah cepat. Untuk memperlancar urusan bisnisnya, para pengusaha dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai prosedur ekspor dan impor, baik dari kepabeanan, shipping maupun perbankan, yang semuanya ini saling berkaitan dan selama ini sering terjadi permasalahan dilapangan.

Salah satu kunci atau cara untuk bisa memanage permasalahan di atas adalah dengan mengikuti program yang kami beri tema Export and Import Management: Customs, Shipping, and Port Operations

Pelatihan ini khusus diberikan, didisain dan dikembangkan bagi para eksekutif ekspor impor untuk memberikan keterampilan pemahaman yang mendalam mengenai prosedur ekspor impor secara terpadu baik dari sisi Kepabeanan, Shipping dan Perbankan. Di akhir pelatihan, peserta akan semakin merasakan manfaat pelatihan dengan diberikan latihan pengisian dokumen ekspor-impor dengan benar serta permasalahan-permasalahan yang selama ini sering dialami dilapangan terutama yang berkaitan dgn Bea Cukai, Shipping Company dan Banking.


UNTUK MENJADI PERHATIAN!

Training ini dilaksanakan secara Hybrid: Offline (di kelas) dan Online (via Zoom) dalam waktu bersamaan. Sehubungan dengan penerapan PROKES selama pelatihan berlangsung maka kapasitas kelas Offline kami batasi hanya untuk 24 orang (50% dari kapasitas ruangan).

Makalah akan diberikan dalam bentuk softcopy, peserta diharapkan membawa laptop masing-masing untuk mendapatkan softcopy makalah yang akan dibahas pada saat pelatihan. Untuk Peserta yang mengikuti secara online akan kami kirim tautan untuk mengunduh materi via email.


METODE PELATIHAN

  1. Lecturing
  2. Workshop
  3. Konsultasi Interaktif
  4. Latihan Individual dan Kelompok

UNTUK MENJADI PERHATIAN!

Training ini dilaksanakan secara Hybrid Kelas Tatapmuka dan Online Via Zoom, Kapasitas kelas kami batasi
hanya untuk 24 orang untuk Kelas Tatapmuka


SIAPA YANG PERLU MENGIKUTI

Pelatihan ini dapat diikuti oleh Eksekutif, supervisor, senior staf dibidang ekspor impor dari perusahaan – perusahaan yang melakukan ekspor impor, Perusahaaan Niaga / Industri / Pertambangan /Otomotif, BUMN dan Swasta, Bank BUMN, Swasta Nasional dan Asing, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Pelayaran, dll.


TRAINING OUTLINES

  1. Perdagangan Internasional
    1. Frame of International Trade
    2. Langkah Perdagangan Internasional
    3. Lembaga penunjang Perdagangan Internasional
  2. Syarat Penyerahan Barang Incoterm 2020
    1. Pengertian: Fungsi / Manfaat
    2. Aplikasi & Panduan Umum yang digunakan dalam Incoterms 2020
    3. Terminologi Incoterms 2020
    4. Latar Belakang dan Tujuan Incoterms 2020
    5. Hal-hal yang diatur dan yang tidak diatur didalam incoterm 2020
    6. Memahami titik kritis untuk Penjual & Pembeli untuk menentukan dalam menggunakan Incoterms dalam hal COST, RISK dan OBLIGATION
    7. Peran & tanggung jawab antara Penjual & Pembeli di dalam incoterms
    8. Biaya dibayar Penjual & Pembeli
    9. Faktor yang harus diperhatikan dalam memilih Incoterms
    10. Perbandingan Incoterms 2010 & 2020 dan
    11. Penjabaran Jenis Jenis Incoterm 2020
      • EXW – EX WORKS
      • FCA – FREE CARRIER
      • FAS – FREE ALONGSIDE SHIP
      • FOB- FREE ON BOARD
      • CFR – COST AND FREIGHT
      • CIF – COST INSURANCE FREIGHT
      • CPT – CARRIAGE PAID TO
      • CIP – CARRIAGE AND INSURANCE PAID TO
      • DAP – DELIVERED AT PLACE
      • DPU – DELIVERED AT PLACE UNLOADED
      • DDP – DELIVERED DUTY PAID
  3. Syarat Penyerahan Barang Incoterm 2020
    1. Pengertian: Fungsi / Manfaat
    2. Aplikasi & Panduan Umum yang digunakan dalam Incoterms 2020
    3. Terminologi Incoterms 2020
    4. Latar Belakang dan Tujuan Incoterms 2020
    5. Hal-hal yang diatur dan yang tidak diatur didalam incoterm 2020
    6. Memahami titik kritis untuk Penjual & Pembeli untuk menentukan dalam menggunakan Incoterms dalam hal COST, RISK dan OBLIGATION
    7. Peran & tanggung jawab antara Penjual & Pembeli di dalam incoterms
    8. Biaya dibayar Penjual & Pembeli
    9. Faktor yang harus diperhatikan dalam memilih Incoterms
    10. Perbandingan Incoterms 2010 & 2020 dan
    11. Penjabaran Jenis Jenis Incoterm 2020
  4. Port Activitiy Management
    1. Pemahaman Tentang Pelabuhan Pengertian, Fungsi, Ukuran, dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan
    2. Batas Wilayah Pelabuhan
    3. Aktivitas Pelabuhan Penggolongan dan Organisasi Pelabuhan
    4. Lalu Lintas Barang di Pelabuhan Pelayanan Jasa Pelabuhan
    5. Fasilitas Pelabuhan Sistem dan Prosedur Pelayanan Jasa Pelabuhan
    6. Pemanduan Kapal di Pelabuhan
    7. Tarif Pelayanan Jasa Pelabuhan
  5. Port Activitiy Management
    1. Transport Document,
    2. Bill of Lading, Forwarder Certificate Of Receipt
    3. Air Way Bill
    4. Statement on Transport Document
    5. Cargo Release
  6. Prosudur Bea Cukai Impor /Ekspor:
    1. Dokumen-dokumen impor untuk proses customs
    2. Penjaluran dalam proses customs (channel): Jalur hijau, Jalur Merah, Jalur Prioritas
    3. Pemeriksaan Pabean: Pemeriksaan Dokumen dan Fisik Barang
    4. Prosedur Impor dan Pengeluaran barang impor dari pabean (TPS)
    5. Barang dalam Status Daftar Lelang / Barang Tidak di Kuasai
    6. Fasilitas Kepabeanan Fiskal dan prosudural
    7. Dokumen-dokumen ekspor import untuk proses customs
    8. Prosedur Ekspor/Impor
    9. Persyaratan Ekspor/Import
  7. Pungutan Pabean
    1. Nilai Pabean Untuk Penghitungan Bea Masuk
    2. Pungutan Negara Dalam Rangka Impor
    3. Bea Masuk PPN, PPnBM dan Pph Pasal 22
    4. SSPCP
  8. Perubahan Hs Code Btki 2017 (No.6/Pmk.010/2017) Menjadi Btki 2022 (No.26/Pmk.010/2022)
    1. Latar Belakang BTKI 2022
    2. Harmonized Commodity Description and Coding System
    3. Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) dan Penomoran
    4. Menentukan & Menetapan Tarif Pos Serta Konsep Tarif
    5. Harmonized Commodity Description and Coding SysteM
    6. Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) dan Penomoran
    7. Menentukan & Menetapan Tarif Pos Serta Konsep Tarif
    8. Interpretasi penentuan HS Code secara self-assessment
  9. Certificate of Origin Dan Free Trade Agreement
    1. Regulasi terbaru Free Trade Agreement
    2. Pengenaan Bea Masuk dalam rangka Free Trade Agreement Form IJEPA, Form D, Form AK, Form ANNZFTA, Form IAFTA, Form IP, dan Form AJCEP, Form IC-CEPA, AIFTA, AHK-FTA
    3. Kreteria Rule of Origin COO
    4. Tarif Preferensi dan tarif MFN
    5. Bentuk dokumen COO
    6. Proses penetapan Sebagai Eksporter Teregistrasi (ER) dan Eksporter tersertifikasi (ES)
    7. Dokumen Deklarasi Asal Barang (DAB) dan Tata Cara Pembuatan Deklarasi Asal Barang
  10. Portal Insw, Larangan Pembatasan Ekspor Impor, Dan Lartas Post Border
    1. Manfaat sistem nsw, dan database lartas
    2. Lartas post border pada sistem insw
    3. Alur data pengawasan post border
    4. Sistem Pengawasan Post Border oleh K/L penerbit

INSTRUKTUR

Sutomo Asngadi, SS., MM


INVESTASI

  1. Offline: Rp 3.000.000,-/Orang Pembayaran paling lambat H+7)
  2. Online: Rp 2.500.000,-/Orang Pembayaran paling lambat H+7)
  3. Biaya di atas belum termasuk PPN, Sudah termasuk PPh 23 (Mohon dapat melampirkan NPWP atau KTP)
  4. Sudah termasuk dua kali Coffee Break dan satu kali makan siang bagi peserta yang ikut offline
  5. Biaya investasi tersebut untuk 1 (satu) hari pelatihan berlaku untuk 1 (satu) peserta
  6. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

Ketentuan Pengunduran Diri

  1. Apabila pengunduran diri disampaikan kurang dari atau sama dengan 3 hari sebelum pelatihan, maka dikenakan biaya administrasi sebesar 50% dari biaya pelatihan.
  2. Apabila pengunduran diri disampaikan setelah program dimulai, maka tidak ada pengembalian atas biaya pelatihan yang sudah di bayarkan tetapi dapat mengajukan penundaan keikutsertaan pelatihan dengan topik yang sama atau topik pelatihan lain dengan nominal investasi pelatihan yang sama.
  3. Peserta mengisi formulir permohonan pengembalian biaya pelatihan, pengembalian dilakukan melalui transfer dengan biaya pengiriman ditanggung pemohon

Venue Info

MyPratama, PT Pratama Indomitra Konsultan, Antam Office Park Tower B Lantai 8. Jl. TB Simatupang No 1 Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550, Indonesia

View on Map
  • Time : 09:00 - 16:00 (Asia/Jakarta)
  • Registration Deadline : 15 May 2024 4:00 pm

Purchase Ticket

Kelas Tatapmuka (54 seats remaining)
Rp3.000.000
Rp0
Kelas Online (496 seats remaining)
Rp2.500.000
Rp0
0.00
Rp0

Related Events