Basic Financial Accounting: Transformasi Data Menjadi Keputusan yang Informatif

  • 23 August 2023 - 24 August 2023
  • KnDC Pratama Indomitra
day
:
hr
:
min
:
sec
Training Basic Financial Accounting: Transformasi Data Menjadi Keputusan yang Informatif bersama Muhtar Yahya, Ak., MSF., CA., CPSAK., CIFRS., PIA., CMFT

Bisnis atau dunia usaha merupakan kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang. Berbagai kegiatan itu melibatkan berbagai sumber dana yang dimiliki perusahaan. Secara umum, pebisnis menghendaki agar dananya dapat berkembang dengan baik. Secara fakta, untuk dapat mencapai tujuan itu, pengusaha harus melakukan manajemen dan monitoring atas kegiatannya.

Accounting adalah bahasa bisnis yang merangkum informasi tentang kegiatan operasional usaha. Data mentah yang sangat banyak itu harus diproses agar menjadi informasi yang berguna untuk berbagai pengambilan keputusan. Oleh karena itu, pemahaman atas accounting ini merupakan kebutuhan yang sangat penting.


TARGET PESERTA

Staf senior dan manajer di bidang accounting dan finance, treasury, audit, dan risk management yang ingin lebih professional dan meningkatkan keahlian dalam konsep dan aplikasi cash flow dan treasury management.


PROGRAM OUTLINE

Hari Pertama: Logika Dasar Akuntansi

  1. Seputar Kegiatan Bisnis
    Di bagian ini akan dijelaskan tentang identifikasi bisnis dan kegiatan yang terkait. Bahasan dimulai sejak pemilihan jenis usaha, sumber pendanaan, operasional, manajerial dan pengawasannya.
  2. Persamaan Akuntansi
    Di bagian ini dibahas korelasi antara kegiatan bisnis dan accounting. Dari data yang sangat banyak akan diringkas menjadi informasi yang hanya beberapa lembar saja. Logika sederhana menjadi inti pembahasan.
  3. Laporan Posisi Keuangan
    Di bagian ini diuraikan jenis laporan keuangan, terutama laporan posisi keuangan atau neraca. Laporan ini merupakan laporan pokok dalam laporan keuangan. Di dalamnya dibahas isi dan formatnya.
  4. Laporan Laba Rugi dan Arus Kas
    Di bagian ini dibahas laporan yang memberikan informasi tentang kinerja perusahaan dalam suatu periode. Secara umum, kinerja dinilai dengan basis akrual. Lebih lanjut, imformasi tersebut akan diterjemahkan ke cash flow.

Hari Kedua: Standar Akuntansi Keuangan

  1. Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan
    Di bagian ini dibahas tentang asumsi dasar accounting, definisi dari berbagai istilah yang dipakai serta aturan dasar dari pembuatan laporan keuangan. Hal ini diperlukan sebagai pemahaman atas kesepakatan dasar dari penyajian laporan keuangan tersebut.
  2. PSAK 1 – Penyajian Laporan Keuangan
    Di bagian ini diuraikan tentang aturan penyajian laporan keuangan, baik neraca, laba rugi dan penjelasannya. Pembahasan mencakup isi dan format dari laporan tersebut. Uraian akan mencakup aset, liabilitas dan ekuitas.
  3. PSAK 2 – Laporan Arus Kas
    Di bagian ini diterangkan aturan penyajian laporan arus kas. Jika laporan laba rugi menggunakan asumsi basis akrual maka arus kas mempergunakan asumsi basis kas. Uraian akan mencakup kas dari operasi, kas dari pendanaan dan kas dari investasi.
  4. PSAK 16 – Aset Tetap
    Di bagian ini dijabarkan lebih detail tentang penyajian aset perusahaan, khususnya aset tetap. Asumsi yang berbeda akan menghasilkan informasi yang berbeda juga. Perbedaan asumsi yang sangat tipis kadang membuat informasi menjadi bias.

INVESTASI

  1. Harga Offline/Tatapmuka Rp 2.500.000,-
  2. Harga Online Rp 2.000.000,- (ZOOM)
  3. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta
  4. Discount 10% bagi perusahaan yang mengirimkan 3 orang peserta
  5. Sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch (bagi yang ikut kelas offline), soft copy makalah, serta sertifikat.
  6. Biaya di atas belum termasuk PPN, sudah termasuk PPh 23 (Mohon dapat melampirkan NPWP atau KTP)
  7. Biaya Pelatihan termasuk Obyek PPh 23 sesuai PMK 141/2015 (Mohon dipotong PPh 2% bagi WP Badan)
  8. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

INSTRUKTUR

Muhtar Yahya, Ak., MSF., CA., CPSAK., CIFRS., PIA., CMFT

Ketentuan Pengunduran Diri:
  1. Apabila pengunduran diri disampaikan kurang dari atau sama dengan (?) 3 hari sebelum pelatihan, maka dikenakan biaya administrasi sebesar 50% dari biaya pelatihan.
  2. Apabila pengunduran diri disampaikan setelah program dimulai, maka tidak ada pengembalian atas biaya pelatihan yang sudah di bayarkan tetapi dapat mengajukan penundaan keikutsertaan pelatihan dengan topik yang sama atau topik pelatihan lain dengan nominal investasi pelatihan yang sama.
  3. Peserta mengisi formulir permohonan pengembalian biaya pelatihan, pengembalian dilakukan melalui transfer dengan biaya pengiriman ditanggung pemohon.

Venue Info

MyPratama, PT Pratama Indomitra Konsultan, Antam Office Park Tower B Lantai 8. Jl. TB Simatupang No 1 Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550, Indonesia

View on Map
  • Time : 09:00 - 16:00 (Asia/Jakarta)
  • Registration Deadline : 23 August 2023 12:00 am

Registration Deadline Expired!!

Related Events